Sejarah Berdiri

Pondok Pesantren Al Amien adalah salah satu pesantren yang terletak di dusun Kebonsari Sabrang Ambulu Jember Jawa Timur. Pesantren ini didirikan oleh KH. Masduqi musthofa pada tahun 1948. Selain materi pelajaran mengenai ilmu syari’at di tempat ini beliau juga melakukan pengembangan thoriqoh an-naqsabandiyah Al kholidiyah.

Berawal dari masjid yang terletak di Dusun Kebonsari Desa Sabrang Kecamatan Ambulu, Masjid Sidodadi merupakan tempat cikal bakal berdirinya pondok pesantren Al Amien, disana KH. Masduqi Musthofa mendirikan sebuah pesantren salaf yang pada awalnya beliau hanya melakukan pembelajaran menggunakan metode Sorogan (santri membaca sendiri materi pelajaran kitab kuning di hadapan guru). Dan di tempat yang dijuluki Pondok Kebonsari ini KH. Masduqi Musthofa juga membina Pasulukan Thoriqoh Naqsabandiyah kepada para santrinya.

Pada tahun 1968 Kyai Masduqi berpulang ke rahmatullah, dikala itu putra-putra beliau masih kecil sehingga estafet perjuangan di lanjutkan oeh adik beliau yakni KH. Amanu Musthofa.

Dimasa KH. Amanu musthofa Pondok Kebonsari ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, santri yang berdatangan menimba ilmu semakin banyak dan beragam. Kenyataan tersebut telah mendorong Pondok Pesantren Al Amien beberapa kali telah melakukan perubahan kebijakan yang berkaitan dengan sistem pendidikan. Di masa ini yang pertama hanya menggunakan metode sorogan di tambah dengan metode weton atau bandongan (kyai membaca kitab dan santri memberi makna). Semua bentuk pengajaran tersebut tidak dibedakan dalam jenjang kelas. Kenaikan tingkat pendidikan dinyatakan dengan bergantinya kitab yang khatam (selesai) dikaji dan diikuti santri. Materi pelajarannya pun khusus berkisar tentang pengetahuan agama Islam, ilmu syari’at dan Tasawwuf.

Pada Tahun 1971, KH. Amanu Istikhoroh tentang nama apa yang pantas untuk Pesantren Kebonsari ini, maka atas petunjuk Allah yang terlihat di tangan beliau bertuliskan Al Amien , beliau juga menyuruh Santri sepuh pondok (salah satunya Bpk. Imam Syafi’i kebonsari & Bpk. Nawawi jatimulyo) untuk segera membuat logo Al Amien.

Tahun 1989, KH. Amanu Musthofa Wafat, dan di teruskan Oleh KH. Moh.Imam Ghozali Masduqi (Putra Pertama KH. Masduqi). Di masa ini mulai diterapkan penerapan sistem madrasi (klasikal) dengan mendirikan Madrasah Diniyah Manba’ul Ulum yang mana di madin ini Sistem pengajaran disajikan secara berjenjang dalam dua tingkat, yakni Ibtidaiyah (6 Kelas) dan Tsanawiy ( 2 kelas).

Seiring Berjalannya waktu, Dengan berpegang teguh pada kaidah “Al-Muhafadhotu Alal Qodimis Sholeh Wal Akhdu Bil Jadidil Ashlah” (memelihara budaya-budaya klasik yang baik dan mengambil budaya-budaya yang baru yang konstruktif), maka Pondok Pesantren Al Amien dalam perjalanannya senantiasa melakukan upaya-upaya perbaikan dan kontektualisasi dalam merekonstruksi sistem pendidikan dan manajemen. Hingga pada tahun 1995 KH. Abdul Haq Syamsul Arifin, S.Sos, M. Si ( Putra Bungsu KH. Masduqi) mendirikan Pendidikan Formal yang di mulai dari jenjang MTs, dan diteruskan pada jenjang Madrasah Aliyah di tahun 2000, SMP Plus di tahun 2005, dan SMK di tahun 2014.

Usaha-usaha ke arah pembaharuan dan modernisasi memang sebuah konsekwensi dari sebuah dunia yang modern. Namun Pondok Pesantren Al Amien dalam hal ini mempunyai batasan-batasan yang kongkrit, yakni pembaharuan dan modernisasi tidak boleh mengubah atau mereduksi orientasi dan idealisme pesantren salaf. Sehingga dengan demikian Pondok Pesantren Al Amien tidak sampai terombang-ambing oleh derasnya arus globalisasi, namun justru sebaliknya dapat menempatkan diri dalam posisi yang strategis, dan bahkan dianggap sebagai alternatif oleh masyarakat sekitar yang sering menyebutnya sebagai solusi pendidikan masa depan.

Pendiri: KH. Masduqi Musthofa
               KH. Amanu Musthofa

  1. KH. MOH. IMAM GHOZALIE MASDUQIE
  • Khodim Thoriqoh An-naqsyabandiyyah Al Kholidiyyah wal Qodiriyyah
  • Pengasuh I Pon. Pes. Al – Amien
  1. K. YUSUF MASDUQIE,
  • Pengasuh II Pon. Pes. AL – Amien
  1. ALM. KH. ABDUL HAQ SYAMSUL ARIFIN S.Sos.MSi
  • Perintis Lembaga formal (SMP Plus, MTs, MA , SMK Al Amien)
  • Pengasuh Pondok Modern Al – Amien
  1. K. MOH. JAZULIE AMANU S.Pd.I,
  • Kepala TPQ & MADIN Al – Amien
  1. AGUS MUHAMMAD YASIN,
  • Pengasuh Ma’had Tahfidz Al – Amien

UNIT TARBIYAH AS-SALAFIYYAH

  1. Pondok Pesantren salafiyah Putra
  2. Pondok pesantren salafiyah putri
  3. Pondok Huffadz Al-Amien
  4. TPQ Al- Amien/ Pasca TPQ / Amtsilati
  5. Madrasah Diniyyah Manba’ul ‘Ulum
  6. Pasulukan Thoriqoh Naqsabandiyah Al kholidiyah

UNIT TARBIYYAH AL-ASHRIYAH

1.Pondok Modern Al-Amien

2.SMP Plus Al-Amien

3.MTs Al-Amien

4.MA Al- Amien

5.SMK Al Amien

 

EXTRA KULIKULER

  1. Jam’iyyah Sholawat nabi Al-Amien
  2. Bahtsul Masa’il
  3. Al Barzanji / Dibaiyah
  4. Seni Baca Al Qur’an
  5. Khithobah (LKD)
  6. Kajian Tasawuf AMANU
Bagikan Artikel: